Senin, 05 Januari 2015

Musim Dingin di Jerman


Foto: Colourbox.de

Tepatnya bulan Desember, Januari dan Februari adalah masa-masa musim dingin di Jerman. Pada musim dingin seperti sekarang ini, Jerman juga mengalami perubahan waktu. Berbeda halnya dengan musim panas, saat ini Jerman memakai waktu musim dingin atau Winterzeit. Oleh sebab itu kini perbedaan waktu antara Jerman dan Indonesia menjadi enam jam.

Suhu di musim dingin ini biasanya rendah, bahkan sering dibawah 0°C dan terkadang juga sering hujan salju. Para pembaca pernah membayangkan harus bertahan hidup pada suhu yang berada bahkan di bawah titik beku? Tapi tentu saja tidak perlu khawatir karena di setiap rumah, kantor, stasiun, bis dan tempat-tempat umum lainnya di Jerman tersedia Heizung (pemanas ruangan).

Bagi yang ingin keluar rumah di musim dingin juga jangan takut menggigil di luar. Asalkan kita benar-benar memakai pakaian tebal yang bisa menghangatkan badan, maka kita tidak akan kedinginan di luar sana. Biasanya baju yang dipakai di musim dingin adalah pakaian yang tebal, misalnya yang terbuat dari bahan wol, lalu jaket yang tahan air, sehingga jika hujan atau turun salju, airnya tidak akan masuk menembus ke badan kita. Selain itu, kita juga perlu memakai penutup kepala, sarung tangan, kaus kaki tebal dan juga sepatu bot. Apalagi ketika salju tebal, sepatu bot sangat diperlukan agar kita tidak tergelincir ketika berjalan kaki.

Dinginnya musim dingin juga bukan berarti menjadi penghalang untuk orang-orang melakukan berbagai macam aktivitasnya. Pada musim dingin tentu saja kita masih bisa tetap bekerja, ke sekolah dan lain sebagainya. Bagi yang suka berolah raga juga bisa melakukan olah raga musim dingin, seperti bermain ski, berselancar di atas salju dan lain-lain. Bermain di luar rumah, saat salju tebal seperti membuat boneka salju juga
tentu saja akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan apalagi bagi kita yang baru saja tinggal di Jerman dan bisa menyentuh salju secara langsung.

Namun, bagi yang tidak mau berlama-lama di luar rumah atau ketika cuaca di luar terasa sangat tidak bersahabat, kita juga bisa menghabiskan waktu musim dingin dengan menonton TV atau bisa juga memainkan board games karena ini adalah salah satu permainan yang sangat digemari pada saat musim dingin.

Musim dingin tentu saja akan menjadi suatu hal baru bagi kita yang terbiasa hidup di daerah tropis. Tetapi saat ini, cuaca di Jerman sering kali berubah-ubah. Terkadang jarang turun salju saat musim dingin tiba. Namun, terkadang juga banyak sekali salju yang turun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk tetap mengikuti berita atau membaca ramalan cuaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar