Kesesuaian pemilihan media pembelajaran dengan kebutuhan dan perkembangan pembelajar, dapat memengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Oleh karenanya, pemilihan dan pemanfaatan media sebagai alat bantu harus sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pembelajar. Salah satunya adalah pengguaan media flash card sebagai alat bantu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa.
Flash card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang ukurannya bisa disesuaikan dengan keadaan siswa yang dihadapi. Gambar-gambar yang ada pada flash cardmerupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang dicantumkan pada bagian belakangnya. Media ini disajikan untuk meningkatkan berbagai aspek, di antaranya; belajar membaca dini, mengembangkan daya ingat, melatih kemandirian, meningkatkan perbendaharaan dan penguasaan kosakata.
Klasifikasi Media menurut Seels dan Glasgow (1990)
1. Media Tradisional
- Visual yg diproyeksikan: OHP, slides, filmstrips
- Visual yg tak diproyeksikan: gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, papan info
- Audio: rekaman piringan, pita kaset
- Penyajian multimedia: slide plus suara, multi image
- Visual dinamis yg diproyeksikan: film, TV, video
- Cetak: buku teks, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, hand-out
- Permainan: teka-teki, simulasi, board game
- Realia: model, specimen (contoh), manipulatif (peta, boneka)
- Berbasis telekomunikasi: telekonferensi, kuliah jarak jauh
- Berbasis mikroprosesor: CAI, computer game, program interaktif, hypermedia, CD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar