Senin, 05 Januari 2015

Musim gugur di Jerman




Musim panas berakhir, masa liburan berakhir. Anak-anak mulai kembali ke sekolah. Para pekerja mulai kembali beraktivitas.
Secara meteorologi musim gugur di Jerman dimulai pada bulan September dan berakhir di bulan November. Pada bulan-bulan ini suhu di Jerman mulai turun. Dari suhu diatas 20°C sewaktu musim panas menjadi dibawah 20°C di musim gugur. Matahari di musim gugur mulai bersinar lebih singkat dibandingkan dengan musim panas. Tepat pada tanggal 22 atau 23 September biasanya lama waktu siang dan malam sama. Setelah itu, matahari akan bersinar lebih singkat dari sebelumnya, sehingga malam akan terasa lebih panjang dibanding siang.

Sering kali suhu di musim gugur ini terasa dingin. Curah hujan di musim gugur juga tinggi. Udara di musim gugur juga terasa lembab. Oleh sebab itu alangkah baiknya apabila kita menggunakan pakaian yang agak hangat dan memakai jaket serta sepatu yang tahan air dan juga membawa payung apabila ingin keluar rumah. Tapi meskipun suhu di Jerman pada saat musim gugur mulai terasa dingin, namun tetap saja kegiatan di luar rumah masih sering dilakukan pada musim ini, khususnya di awal-awal musim gugur.

Dedaunan yang berwarna-warni; hijau, kuning keemasan lalu berguguran selalu menarik perhatian, sehingga banyak orang yang senang berjalan-jalan di musim gugur sambil menikmati pemandangan di musim tersebut. Makanya ada saja yang senang melakukan kegiatan di luar rumah pada musim gugur, misalnya mengumpulkan berbagai jenis dedaunan, Kastanien atau buah berangan yang nantinya bisa dibuat menjadi sebuah karya hasil kerajinan tangan atau mengumpulkan berbagai macam jamur yang tumbuh di hutan yang tentunya bisa dimakan. Memanen hasil kebun atau hasil bercocok tanam lainnya juga pada umumnya dilakukan para petani di musim ini. Makanya musim gugur di Jerman juga sering kali identik dengan Erntedankfest atau pesta panen.

Selain itu ada juga orang Jerman yang suka bersepeda di musim gugur. Tentu saja dengan pakaian yang tepat agar tidak kedinginan. Dan yang paling penting adalah lampu sepeda harus dipastikan benar-benar bisa berfungsi dengan baik, karena kabut di musim gugur terkadang sangat tebal. Oleh sebab itu lampu sepeda sangat diperlukan, agar tetap aman bersepeda.

Namun beberapa tahun terakhir ini terkadang matahari di musim gugur masih bersinar cerah dan langit masih biru terang layaknya musim panas, meskipun sudah memasuki bulan September, yang harusnya sudah masuk ke musim gugur yang identik dengan kabut dan hujan. Keadaan seperti itu di Jerman disebut dengan Altweibersommer. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan musim gugur yang datang terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar