Senin, 05 Januari 2015

HAL-HAL YANG MENARIK DARI JERMAN


Ada banyak hal menarik di jerman yang bisa diceritakan . Diantaranya yaituFlohmarkt [flohmarkt] ‘pasar loak’. Jangan salah sangka denagn pasar loak jerman . Pasar loak jerman bukanlah seperti pasar loak seperti yang biasa kita lihat di kota-kota yang ada di Indonesia yang selalu indentik dengan barang-barang rongsokan yang kotor , kumuh, dan penuh dengan baju-baju lusuh dan tempatnya pun selalu berada dipinggir jalan dan tidak teratur .




Pasar loak di jerman diorganisir oleh sebuah badan usaha professional . Tempat penjual pasar loak pun sangat fleksibel , tempatnnya bias dilapangan yang luas atau diruangan parkir yang luas . Biasannya , flohmarkt hanya ada pada saaat hari libur dan akhir pekan saja. Uniknya lagi , semua orang bisa menggelar dagangan di pasar flohmarkt . tua,muda , bahkan anaka-anak pun bisa berjualan , tentunya dengan detemani oleh orang tuanya . Di pasar loak

kita bias mendapatkan harga yang sangat murah . Bahkan , kalau beruntung , kita bisa mendapatkan barang-barang baru dengan harga miring. Di flohmarkt juga , tak jarang ditemui orang-orang yang sengaja menggelar barangnya bukan mencari untung , tetapi untuk membuang barang –barang yang tidak dipergunakannya lagi. Atau, sering kali mereka hanya sekedar ingin mencari teman mengobrol. Bila menemui pedagang jenis ini , rizki datang menghampiri karena umumnya mereka mejual barang-barangnya dengan harga ala kadarnya . bahkan , kadang mereka menaruh barang-barang disebuah kotak kemudian ditempeli kertas bertulisan zum verschenken , artinya kurang lebih untuk dihadiahkan alias boleh diambil , gratis.



Ada flohmarkt ada kinderflohmarkt. Seperti namanya dikinderflohmarkt , orang bisa mencari kebutuhan bayi dan anak-anak . dari baju, sepatu , kereta bayi , sampai mainan anak-anak. Flohmarkt anak-anak ini antara lain diadakan di taman kanak-kanak . Di kinderflohmarkt pun kita bisa memperoleh barang – barang khusus bayi dan anak-anak dengan harga miring.



Lain flohmarkt lain sperrmüll . sperrmüll artinya sampah yang tidak bisa sembarang dibuang di bak sampah. Umumnya , barang-barang berukuran besar seperti perobot rumah tangga atau kantor , dari furniture sampai elektronik . Sebagaimana sampah , siapa pun boleh boleh ambil asalkan tebal muka . Biasanya setiap kecamatan punya jadwal khusus pembuangan barang sperrmüll. Pada jadwal inilah orang boleh membuang barang-barang yang tidak lagi digunakannya di trotoar depan rumah atau apartemennya . sore atau malam hari sebelum waktu pengangkatan ‘sampah’sperrmüll, mereka boleh menaruh barang-barang di trotoar jalan , Dan mobil pengankut esok paginya akan datang menjemput.



Ada satu psar lagi yang janya buka di hari minggu saja yaitufishmarkt artinya pasar ikan .fishmarkt kita bisa mendapatkan ikan segar yang baru ditangkap nelayan dengan harga sangat murah . uniknya lafi , di fishmarktkita tidak hanya bisa membeli ikan segar dengan harga murah , tetapi bisa berbelanja buah-buahan segar dan dijual per kardus , bukan per satuan seperti yang biasa kita beli . Di pasar buah ini sistemnya hampir sama di Indonesia , kita pun bisa tawar-menawar harga, semakin siang harganya pun semakin murah .
Di Indonesia memang ada semacam pasar loak ‘elit’ ,tidak kumuh dan barang-barangnya masih layak pakai , misalnya garage sale . Cuma, seperti namanya , diadakan di garasi rumah orang berpunya . Umumnya , mental orang melayu kalau masuk rumah orang berpunya dan Cuma lihat-lihat nggak beli, nggak enak. Padahal , kalau ke pasar loak kan , belum tentu barang yang ada cocok dengan selera dan kebutuhan kita . Untuk masyarakat bawah , mereka mungkin sungkan datang ke tempat seperti itu , khawatir kantung tak sanggup . Semoga budaya sperrmüll , flohmarkt , dan khususnya kinderflohmarkt suatu saat nanti bisa diadaptasi di tanah air kita sehingga bukan hanya anak-anak dari orangtua berada saja yang dapat bermain-main dengan mainan berkualitas baik dan mendidik (yang umumnya mahal ) , tapi juga anak-anak yang berasal dari orang tua yang berekonomi biasa . Apalagi , di Indonesia , khususnya kota-kota besar , taman bermain gratis sangat jarang bahkan mungkin tidak ada.
Selain berbicara tentang keunikan pasar yang ada di jeman , kita kuga bisa melihat bagai mana system transportasi di jerman . Melihat dan merasakan langsung macetnya ibukota dan kota-kota besar lain di Indonesia membuat kita bisa bercermin tentang keteratuan system trasnportasi di eropa, khususnya di jerman . Pengalaman melihat langsung penataan transportasi yang modern yang menjadi pengalaman tersendiri yang kiranya bisa menjadi bahan pelajaran bagi penataan transportasi di tanah air . membandingkan eropa dengan kota-kota di tanah air memang sangat jauh , baik dari infrastruktur , kemudahan dan kenyamanan berkendara , maupun sikap tertip berlalu lintas warga kota . Merasakan langsung kemudahan dan kenikmatan berkendaraan umum . Infrastruktur sangant memadai dengan pilihan moda transportasi darat seperti bus , tram , dan kereta api yang nyaman dan menjangkau sampai ke pelosok. Hampir si seluruh Negara bagian di jerman ada banyak pilihan mode trasnportasi kereta api yang bisa digunakan warganya . Transportasi terasa sangat mudah dengan pilihan menggunakan kereta api bawah tanah ( U-Bahn) , kereta api dengan rel di atas jalan (S-Bahn) , kereta jaln raya (Tram) , kapal ferri dan bus . Biaya transportasi juga terjangkau , dan tiket /karcis dapat digunakan untuk semua jenis kendaraan tersebut . tidak seperti di tanah air , di eropa dan khusunya jerman kita tidak akan mendenganr keluhan seperti sesak , panas , macet , sering telat , semwrawut , ngebut , dan tidak aman terkait dengan transportasi umum.



Kedisiplinan dalam berkendaraan dan ketaatan dalam melaksanakan aturan dan berkendaraan dan ketaatan dalam melaksanakan aturan dan rambu-rambu lalu lintas yang ada merupakan hal yang patut kita contoh . setiap sarana transportasi umum seperti bus atau trem mempunyai jadwal yang harus ditepati di setipa halte atau pada buku panduan arah dan jadwal bus , kapal feri dan trem tiap daerah yang bisa kita beli. Jangan beranggapan mereka tak berperasaan bila meniggalkan nenek pada musim dingin bersalju yang terlambat hanya beberapa detik di halte pemberhentian , karena efek dari telambat tersebut akan menjadi beberapa menit pada halte-halte berikutnya.
Masih banyak lagi hal-hal menarik lainnya yang bias disuguhkan . Namun , dari gambaran sekilas di atas bisa memberikan masukan bagi mereka yang ingin atau akan berkunjung , sekolah , bertugas di jerman atau hanya ingin mengetahui sekilas tentang kehidupan masyarakat jerman sehari-hari . Semoga dari gambaran ini bisa membuat kita bisa bercermin dari budaya masyarakat jerman yang unik yang mereka menerapkan rasa saling menghargai ,dan menyayangi satu sama lain tanpa memandang suku , ras , agama , dan status social mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar